Kamis, 06 Desember 2012


KEMAMPUAN DIRI

Kemampuan diri, sering juga disebut sebagai aptittude atau skill (ketrampilan) adalah kapabilitas seseorang untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan. Pendapat lain menyatakan bahwa ability berbeda dengan skill. Jika ability adalah kemampuan seseorang secara umum, skill merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang secara khusus.
Setiap orang sesungguhnya memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu namun harus diakui pula bahwa karena keterbatasan-keterbatasannya, tidak setiap orang bisa mengerjakan semua pekerjaan. Kalau toh mereka bisa mengerjakan semuanya, diperkirakan hasilnya tidak akan optimal. Kita bisa saja memiliki rasa humor tetapi tidak seperti humornya Basuki. Demikian juga kita bisa jenius tetapi tidak seperti Habibie. Semua itu tidak lain karena masing-masing individu hanya memiliki kemampuan tertentu untuk setiap jenis pekerjaan tertentu pula. Oleh karenanya kemampuan diri seseorang perlu dipahami secara seksama disamping untuk memahami karakteristik orang tersebut juga dalam rangka mengoptimalkan kinerja individual. Pemahaman ini menjadi penting karena didalam sebuah organisasi kinerja individiual ini akan berpengaruh terhadap kinerja organisasi secara keseluruhan.
Secara umum kemampuan diri seseorang bisa dibedakan menjadi dua yakni kemampuan mental (mental atau cognitive ability) dan kemampuan fisik (physical ability). Seperti halnya kepribadian, kemampuan diri seseorang juga bersumber dari dua hal yakni keturunan dan pengalaman hidup seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar